GANGGUAN SISTEM PEREDARAN DARAH


KELAINAN DAN GANGGUAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH

v Hemofilia adalah penyakit keturunan dimana darah yang keluar dari pembuluh darah tidak dapat membeku yang disebabkan kekurangan darah, kekurangan Hb atau eritrosit.Luka sekecil apa pun, darah dapat mengalir sehingga mendatangkan kematian.
v Anemia adalah penyakit kekurangan darah yang penyebabnya dapat karena kekurangan hemoglobin, zat besi , atau kekurangan eritrosit. Kekurangan erytrosit dapat terjadi karena penyakit pemakan sel darah,misal malaria dan cacing tambang.
v Leukimia adalah kanker darah karena jumlah leukosit yang terlalu banyak atau tak terkendali.
v Trombus dan Embolus adalah penyakit jantung karena adanya gumpalan pada nadi tajuk atau arteria koronaria.
v Sklerosis adalah penyakit pengerasan pembuluh nadi yang disebabkan oleh endapan lemak ( artherosklerosis ) atau yang disebabkan oleh zat kapur (artheriosklerosis).Kalau hal ini terjadi di otak dapat menyebabkan kematian (stroke).
v Penyakit kuning pada bayi( erythroblastosis fetalis ) adalah penyakit yang disebabkan oleh masuknya aglutinin atau anti Rh darah ibu ke darah anaknya yang bergolongan .
v Varises adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh balik / vena pada betis.Bila pelebaran ini terjadi pada vena dekat anus, disebut ambeien atau wasir.
v Ambeien/Wasir/Hemoroid adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh vena pada anus.
v Penyakit darah adalah penyakit yang disebabkan oleh karena kekurangan vitamin K, zat kapur, maupun kelebihan kadar gula darah. Kekurangan vit K dan zat kapur dapat menyebabkan terganggunya pembekuan darah, bila terjadi luka.
v Hipertensi adalah gangguan peredaran darah yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.
v Hipotensi adalah gangguan peredaran darah yang disebabkan oleh tekanan darah rendah.
v Thalasemia adalah rusaknya gen pembentuk hemoglobin yang sifatnya menurun.
v Koronariasis adalah penyumbatan pada arteri koronaria.



TEKNOLOGI PADA SISTEM PEREDARAN DARAH

*                     Echocardio graphy (ECG) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengenali kemampuan jantung memompa dan daerah otot jantung yang berkurang.
Alat ini menggunakan prinsip pantulan gelombang suara yang dapat memperlihatkan rongga jantung dan dindingnya, katup – katup, serta sekat jantung dan masa abnormal di dalam rongga jantung.
*    Pemindaian dengan bahan radioaktif
*    Angioplasti yaitu dengan membuka aliran darah pada pembuluh darah yang tersumbat.
*    Operasi bypass jantung yaitu operasi pembuluh pada jantung.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
irapangestu
Hi guys, mari berkawan ,:D
Lihat profil lengkapku

Followers

 
VE_ FASHION © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes