INTERNET dan JARINGAN


*  INTERNET
Internet (International Networking) adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan yang berperan sebagai sumber informasi dan pertukaran data .
Peralatan yang diperlukan dalam mengakses internet adalah :
·        Komputer
Komputer adalah syarat utama dan mutlak untuk mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksi melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja dalam mengakses internet.Adapun spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
a.  Komputer minimal Pentium III dengan menggunakan processor 500 MHz
b.  RAM (Random Access Memory), minimal 64 Mb
·        Monitor
Monitor sebagai media keluaran yang berguna untuk melihat hasil pencarian yang kita lakukan dengan menggunakan internet.Ketika kita menggunakan internet sebaiknya memilih monitor dengan tipe VGA karena mempunyai tingkat resolusi (pixel) 640 x 480 dengan kecepatan 31.500 KHz.
·        Memori
Memori dalam komputer berfungsi untuk menyimpan sementara data-data seperti pesan ,gambar,file,suara,program aplikasi,dan lain-lain.Semakin tinggi suatu memori semakin banyak data yang dapat ditampung oleh komputer.
·        Processor Pentium
MM Processor berfungsi mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai,dengan demikian semakin tinggi processor semakin cepat pula komputer dalam mengolah perintah.
·        Hardisk
Hardisk yang digunakan adalah 850 Mb , semakin besar hardisk yang digunakan maka kemampuan untuk menampung data-data,informasi ,dan program komputer semakin banyak.
·        Modem
Modem (Modulator Demodulator) berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Kecepatan modem mentransfer data dapat diukur dengan satuan bits per second(bps) . Modem yang kita temui dipasaran ada dua jenis , yaitu :
a.  Modem internal , yaitu modem yang terpasang langsung pada mainboard komputer , berbentuk chart yang ditancapkan langsung pada slot komputer seperti VGA card atau sound chart.Keuntungan dari modem internal adalah harganya lebih murah, kelemahannya adalah pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lainnya.
b.  Modem eksternal , yaitu modem yang dihubungkan melalui kabel ke komputer .Keuntungan dari modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah serta dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lainnya, kelemahannya adalah harganya lebih mahal.
·        Telepon
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubungke internet karena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem.Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan ISP.
·        Ethernet card
Adalah sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporatian.Atau dengan kata lain, Ethernet card adalah card yang dipasang di komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jaringan LAN .


*  JARINGAN

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dan dapat saling berbagi sumber daya seperti printer,scanner,harddisk,CD ROM,pertukaran file ,komunikasi elektronik dan komunikasi secara elektronik antarkomputer.Perangkat yang diperlukan dalam suatu jaringan adalah:
·        Komputer untuk server
Komputer server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer lain , karena berfungsi memberikan layanan maka pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak. Di internet komputer server  berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu.
·        Komputer untuk workstation (client)
Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan.
·        LAN card atau NIC ( Network Interface Card)
LAN card adalah kartu jaringan yang dipasang disetiap komputer server atau workstation.
·        HUB
HUB mempunyai kegunaan sebagai penyalur sinyal data melalui kabel UTP dan juga sebagai penguat sinyal.
·        Kabel UTP (Unshield Twist Pair)
Kabel UTP adalah alat penghubung antar komputer.
·        Konektor RJ 45
Alat konektor yang dipasang disetiap ujung kabel UTP yang menghubungkan antar komputer , HUB maupun switch.
·        UPS (Uninterrupted Power Supply)
Alat yang berfungsi sebagai back up tegangan aliran listrik sekaligus menstabilkan tegangan.
·        Repeater
Repeater adalah alat untuk memperkuat sinyal, sinyal yang diterima dari suatu segmen ke segmen selanjutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen pertama.
·        Bridge
Yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan antara dua buah LAN serta memungkinkan paket data dari satu LAN ke LAN lainnya.
·        Router
Alat yang berfungsi sebagai penyaring lalu lintas data yeng memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang memiliki banyak jalur diantara keduanya.
·        Gateway
Alat yang dipakai jika lapisan OSI dari dua buah jaringan LAN benar-benar tidak identik.Artinya kedua jaringan menggunakan arsitektur yang berbeda maka dengan demikian ketujuh lapisan OSI tidak sama.
·        Switch
Yaitu perluasan dari bridge . Switch ini dapat menerima dan menganalisis semua isi paket sebelum meneruskan ke tujuan.
·        Printer
Printer digunakan untuk mencetak hasil kerja pada kertas komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
irapangestu
Hi guys, mari berkawan ,:D
Lihat profil lengkapku

Followers

 
VE_ FASHION © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes